Banyak sekali kawan-kawan saya dulu yang waktu mahasiswanya gemar sekali begadang. Entah itu begadang untuk main game, mengerjakan tugas yang semakin dekat deadline, ataupun hanya iseng-iseng begadang untuk mengoprek sebuah alat.

Mungkin memang benar, tidur sedikit dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kadang-kadang, begadang juga membuat kita gak bisa fokus di kegiatan esok harinya. Tapi saya sekarang tidak ingin membahas pengaruh buruk dari begadang. Ternyata ada kabar gembira untuk orang yang tidurnya kurang, jika kita mau melihat sedikit tokoh-tokoh dari generasi sebelum kita yang hobinya juga begadang.

Untuk semua mahasiswa/i yang gemar begadang dan tidur sedikit demi menciptakan sebuah karya, berbahagialah.  Berarti anda semua telah mengikuti jejak leonardo da vinci, thomas edison, nikola tesla, napoleon bonaparte, dan banyak tokoh dunia lainnya.

Salah satu inventor dan penghasil karya terhebat (menurut saya), nikola tesla, bahkan bisa begadang hingga 84 jam di labnya tanpa istirahat ataupun tidur. Selain tesla, ada juga penemu hebat lainnya : thomas edison yang gemar begadang berhari-hari untuk menyalurkan ide-idenya.

Apa yang membuat mereka semua kuat tidak tidur berhari-hari? saya rasa kutipan tesla berikut dapat menjelaskan..

“I do not think there is any thrill that can go through the human heart like that felt by the inventor as he sees some creation of the brain unfolding to success… Such emotions make a man forget food, sleep, friends, love, everything.”

~ Nikola Tesla

selamat begadang!