Gak kerasa kalau kuliah enggak hanya berdampak ke perkembangan mental dan keilmuan, tapi juga bisa berdampak ke hal yang lain, yakni FISIK.

Ditulis besar gini, karena memang perubahan yang biasanya terjadi karena orang masuk kampus biasanya signifikan. Ya udah gak heran lagi, orang yang dulunya six-pack, sehat bugar, keker setelah masuk ke kehidupan kampus jadi gak pernah olahraga, terus jadi tambun. Wajar sih, kalau dipikir-pikir cuma sebagian kecil banget kampus yang mengadakan matakuliah olahraga, paling ITB, itu juga sekarang hanya satu semester pula.

Kuliah di kampusku, memang kerasa gak ada tuntutan untuk meningkatkan fisik, karena saya sendiri ngerasa lebih ditempa aspek kedisiplinannya. Ada tugas lah, dengan deadlinenya yang mepet banget, jadi mana mikir juga fisik. Yang ada keseringan begadang, bangun kesiangan, di kelas ngantuk, terus malemnya kerja lagi. Intinya, sangat susah untuk merencanakan olahraga, ya istilahnya mungkin “boro-boro”.

Dampaknya ke saya sendiri gimana? Ya meskipun alhamdulillah badan saya masih bentuknya yang lama (tetep kurus,😀 ) tapi ada penurunan drastis yang sangat terasa : STAMINA. Ya mungkin stamina gak ngaruh untuk mahasiswa pada umumnya, tapi untuk saya stamina penting banget.

Contohnya aja, dua minggu yang lalu sempet ada turnamen futsal, baru 5 menit main udah langsung ngos-ngosan, untung udah cetak gol satu, lumayan. Abis itu saya diganti dan gak kuat maen lagi. Setelah itu, hari berikutnya, jadi starter, langsung cetak gol di awal-awal *nyombong lagi :D*, tapi 5 menit kemudian ngos-ngosan dan gak kuat lanjutin pertandingan, saya minta keluar.

Ada apa dengan badan ini? Baru kerasa parahnya kehidupan kampus untuk fisik, bahkan mungkin kehidupan kampus lebih parah dari kehidupan om-om yang kerjanya ngemil doang.

Sudah waktunya memasukkan latihan olahraga ke jadwal rutin. Ya engga usah lari juga sih, siapa juga yang hobinya lari. Semoga ke depannya fisik saya membaik, amin.

Pembaca juga jangan lupa olahraga rutin yak ! Jaman makin edan, kasian badan kalau enggak pernah dilatih