Percayakah pembaca-pembaca sekalian, kalau sebenarnya Tuhan kadang-kadang membisikkan ‘sesuatu’ ke kita semua?

Seperti misalnya ketika entah mengapa suatu saat kita mengambil rute jalan yang berbeda, kemudian secara ajaib bertemu dengan teman lama? Pergi beribadah di tempat yang tidak biasa, lalu mendapatkan sebuah kejadian yang mengubah hidup? Mencoba jalan kaki padahal biasanya naik kendaraan lalu menemukan sejumlah uang? Iseng-iseng ke perpustakaan lalu menemukan wanita yang akan dipacari selama bertahun-tahun?

Kadang-kadang banyak sekali hal yang kita lakukan hanya berdasarkan pada keinginan/bisikan hati kita saat itu. Iseng ke sini lah, ke situ lah, ataupun mengambil jalan di belokan yang berbeda. Hal sederhana yang mungkin dapat mengubah kehidupan kita selanjutnya, karena hal sederhana itu dapat membawa kita ke waktu, tempat dan momen yang sangat tepat.

Mungkinkah hal-hal kecil tersebut merupakan andil dari Tuhan? Kalau saya sendiri sangat percaya kalau Tuhan ikut serta dalam setiap keputusan yang kita ambil, ya setidaknya dimulai dari bisikan-bisikan kecil dalam hati seperti itu.

Akhir-akhir ini, ya setidaknya selama kuliah selama dua tahun, saya jarang sekali mendengarkan bisikan-bisikan seperti itu, mungkin karena tingkat kesibukan di kampus yang memang sangat tinggi. (bukannya sok sibuk, hihi)

Beberapa hari ke belakang, saya mencoba untuk mendengarkan apa yang hati saya bilang, mencoba untuk mendengarkan suara-suara dari Tuhan. Ternyata, hasilnya cukup bagus. Dari berbagai hal yang saya lakukan beberapa hari ke belakang, saya semakin yakin untuk meninggalkan ‘kehidupan’ di kampusku, yang ternyata membutakan penglihatan saya terhadap berbagai hal. (gak ada statement kehidupan kampus itu buruk lho)

Saya harap, keputusan ini adalah benar adanya, dan dapat membimbing saya menuju kehidupan yang Tuhan inginkan, amin. Walaupun demikian, mengenai ke mana saya akan pergi, saya belum tahu.