Baru sadar nih, entah kenapa akhir-akhir ini saya tidak bisa merasakan beberapa hal yang dulu sangatlah menarik perhatian saya.

Misalnya, ketika saya masih berada pada titik-titik awal pendidikan : saat SD/SMP saya gak bisa ngerjain ujian, biasanya akan ada kekecewaan ataupun kesedihan mendalam saat ujian nge-blank. Nah, sekarang? Mau ada ujian besok juga, perasaan panik itu hilang entah kenapa. Entah kenapa gak ada dorongan rasa takut atau apapun yang bisa memaksa saya untuk belajar.

Selain itu, kalau dulu saya ragu untuk maki-maki orang ataupun mencela orang yang salah, sekarang entah kenapa perasaan itu udah hilang. Sekarang, saya gak ragu untuk mengucapkan sesuatu yang mungkin menyakiti orang lain.

Apa yang terjadi yah? Saya sendiri bingung. Apakah mungkin ini semua terjadi pada semua orang yang bertambah tua? apakah ketika kita bertambah tua akan banyak hal-hal dan perasaan yang akan kita lupakan?

Saya sendiri saat ini berusaha untuk mempertahankan perasaan tersebut, dan berharap bertambah tua tidaklah seburuk itu. Saya ingin bisa takut lagi, takut ketika dunia ini tidak bekerja seperti yang saya inginkan, ataupun takut ketika orang lain tersakiti, oleh orang yang tidak memiliki perasaan.