Well, saya memiliki tulisan tentang tips sukses di fakultas (STEI-ITB) dan program studi, ditujukan untuk mahasiswa baru ITB 2009. Tulisan ini terinspirasi oleh pidato dari Profesor Ida I Dewa Gede Raka, salah satu dosen di ITB, yang kini telah pensiun. Mungkin tulisan ini akan terkesan klise, tapi ini benar. Jika saja kita bisa mengamalkan semuanya, maka definisi sukses yang kita inginkan pasti tercapai. Tapi, tentunya jangan pernah lupakan tentang kebebasan memilih dan kekuatan dorongan hati. Itulah senjata terkuat di dunia.

Here we go.

Lestian Atmopawiro

13207042 – Teknik Tenaga Listrik

Tips Sukses di Fakultas & Program Studi

Beberapa tahun belakangan terdapat perubahan yang cukup signifikan pada sistem penerimaan mahasiswa baru di ITB, yakni mahasiswa baru diharuskan untuk menjalani tahun pertama di fakultas/sekolah, baru kemudian melanjutkan studinya di program studi. Tentunya, hal ini membuat beberapa perubahan yang signifikan, baik pada pola pendidikan maupun kehidupan sosial di kampus. Sebagai salah satu mahasiswa yang menjalani kehidupan fakultas dan program studi, saya memiliki beberapa tips untuk dapat sukses di fakultas dan program studi.

Jadilah aktivis. Aktivis di sini adalah orang-orang yang aktif pada kehidupan di unit/himpunan di kampus. Dengan menjadi aktivis pada suatu organisasi tertentu, maka kita dapat memaksa diri kita untuk memiliki tanggung jawab sebagai wadah untuk mengasah diri yang akan meningkatkan softskill. Pada tingkat pertama, kamu dapat aktif dengan memilih unit tertentu sesuai minat, dan selain itu juga ada wadah lain berupa pembinaan dari kakak-kakak STEI yang bernama PLO (Profession and Leadership Orientation), PLO ini akan berguna untuk mengenal teman-teman fakultas, dan lebih mengetahui profesi serta kepemimpinan di dunia elektro dan informatika. Sementara itu, jika kamu telah memutuskan untuk masuk ke dunia elektrotenik, maka kamu dapat aktif di Himpunan Mahasiswa Elektroteknik, yang merupakan wadah selanjutnya yang akan melengkapi kemampuan kamu di dunia keelektroteknikan.

Bekerja dalam tim. Setelah aktif dalam suatu organisasi tertentu, pastikan kamu banyak bekerja dalam tim. Dengan bekerja dalam tim, kamu akan terbiasa untuk melihat potensi-potensi diri kamu sendiri, bahkan orang lain, sehingga dapat membuat jejaring sosial yang efektif. Dengan bekerja dalam tim, potensi yang dicapai akan jauh lebih besar daripada bekerja sendiri.

Baca & Tulislah. Sangatlah penting untuk meluaskan pengetahuan kita di luar pengetahuan prodi sendiri. Bergaul tidaklah hanya dengan manusia secara langsung saja, namun juga dengan komunikasi tulisan. Sebagai engineer, hidup kita akan cukup dipenuhi oleh komunikasi tulisan, sehingga biasakanlah untuk membaca buku-buku yang baik, serta menulis hal-hal yang ada di dalam pikiran.

Belajar bahasa asing. Dunia telah memasuki era globalisasi. Diperlukan suatu kemampuan untuk berinteraksi dengan penduduk yang berbeda bahasa dengan kita. Salah satunya, adalah dengan menguasai bahasa asing, setidaknya bahasa inggris yang merupakan bahasa dunia. Latihlah hal tersebut degan membaca, berbicara, dan mendengarkan bahasa asing.

Belajar Berkontribusi.Perlu diketahui kita adalah sedikit dari banyak manusia di Indonesia yang memiliki keberuntungan untuk dapat memiliki pengetahuan yang banyak. Hal ini memberi kita tanggung jawab untuk memberi lebih banyak. Dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti belajar dengan tekun, bakti sosial, hingga sesuatu yang cukup besar seperti membuat pembangkit listrik pikohidro skala kecil untuk desa tertinggal, seperti yang telah dilakukan kakak-kakak kita di Himpunan Mahasiswa Elektro ITB.