Poker, Black Jack, Solaitre, Hearts, Truf, Trufpas, Remi, 41-an, Kapitalis, Gebrakan, Maling.

Semua hal di atas berhubungan dengan satu benda : kartu.

Dari jaman saya kecil, ya kira-kira mulai sering main pas SMP, benda ini udah cukup populer untuk dimainkan sebagai pengisi waktu luang. Benar-benar menyenangkan, serius. Saya gak pernah ngerti kenapa ada aja orang yang nolak untuk memainkan benda yang satu ini. Kalau saja, orang-orang bisa menyadari daya magis dari empat buah lambang, dengan 13 tingkatan dan 2 buah kartu joker, maka benda ini dapat digunakan sebagai alat untuk mengasah pikiran dengan tingkat kesenangan yang tinggi.

Sensasi kesenangan dari permainan menggunakan kartu adalah gabungan dari rasa tak ingin kalah, kemampuan mengingat, strategi menggunakan gestur, strategi curang, kode-kode khusus, dan adu kontak mata.

Benar-benar menyenangkan, sungguh, untuk bermain kartu. Namun, untuk menyatakan bermain kartu sebagai jawaban atas pertanyaan apa yang akan kulakukan di sisa hidup ini sangatlah salah. Kartu benar-benar menyenangkan untuk digunakan sebagai pengisi waktu luang, tapi bukan sebagai tujuan harian.

harus mencari kerjaan yang lain nih, dengan selingan bermain kartu