Bolehlah, amrik disebut sebagai negara adikuasa, karena memang mereka hebat dalam banyak hal. Dimulai dari kekuatan ekonomi yang ditunjukkan oleh wall street, dan banyak korporasinya.. Lalu kekuatan politik di pbb dengan hak veto.. Militer? Lihat saja keberanian mereka saat menginvasi iraq, dua kali! Di sektor olahraga pun mereka gak mau kalah dengan memajukan NBA, baseball, dan american football. Selain itu, tentu saja masih banyak bukti kekuatan USA : baik yang terlihat, maupun yang tidak terlihat.

Saya sendiri tak terlalu ambil pusing dengan itu, selama satu bidang tidak mereka kuasai : sepakbola.

Di final ajang piala konfederasi, hampir saja USA mengalahkan Brazil, dengan keunggulan 2-0 terlebih dahulu. Namun, kemudian Brazil berhasil bangkit di babak kedua untuk menang 3-2.

Untung saja hal tersebut terjadi. Jika tidak, amrik akan sepenuhnya menguasai dunia. (apa sih yang amrik ga punya selain sepakbola??)

Ngomong-ngomong, sangat menarik untuk melihat perkembangan USA setelah mereka menjadi tuan rumah piala dunia 1994, karena mereka semakin baik saja dalam bermain bola. Semoga di bidang yang satu ini, mereka tidak mampu meraih apapun : karena sepakbola untuk dunia, bukan untuk dimiliki negara adikuasa.

*Haha, eat that american ass!!

Hmm… Kapan ya indonesia ke piala dunia…