Ada Pertanyaan :

gini..
saya sempet buka2 internet..
pada suatu saat saya menemukan situs yang mengenai masalah bikin2 duit di internet..
kamu tau kan?? kaya bikin duit.com atau duit gila.com.. de el el..
pasti tau kan..
nah yang saya tanyakan..
hal yang seperti itu bener2 betulan atau cuma bohongan???
terus.. klo kmu tau.. gimana cara kerja situs seperti itu???
gimana cara kerja bisnisnya??
hehehe

Ada pertanyaan seperti itu dari teman saya. Berdasarkan pengalaman dan Tanya sana-sini saya mendapatkan fakta bahwa tidak semua situs bisnis di internet adalah bohong. Di antara bisnis-bisnis yang ada tersebut, ternyata ada juga bisnis yang ‘bener’. Masalahnya adalah bagaimana cara membedakan bisnis yang nyata dan bisnis yang bohong.

Sebelum membahas bagaimana membedakan bisnis tersebut, ada baiknya kita melihat dulu cara kerja dari beberapa bisnis yang ada di internet.

  • Ada situs untuk mendapatkan uang dengan melakukan survey tertentu terhadap beberapa situs, dan kamu dibayar untuk melakukan survey tersebut. Detailnya sendiri saya kurang tahu. Namun, contoh dari situs survey adalah awsurvey.
  • Ada juga yang jualan barang, misalnya ebook ataupun lainnya, dengan sistem seperti MLM, yakni dengan menjual barang yang dapat dibeli dengan transfer uang, paypal, kartu kredit, dll. Setelah kamu membeli, kamu akan diberikan web template atas nama kamu. Kamu akan mendapatkan uang jika ada orang yang beli barang tersebut ke kamu. Jelas, hasil yang didapatkan akan sebanding dengan seberapa keras promosi yang dilakukan. Cara ini namanya adalah web reseller.

Situs yang ditulis pada pertanyaan, dua-duanya sudah tidak dapat diakses, kesimpulannya situs tersebut bohong. Situs yang pindah-pindah domain (ganti nama) merupakan salah satu indikator kebohongan web bisnis. Selain itu, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

Kesan pertama, kalau situs ‘duit’ yang kamu masuki kelihatan murahan dan memakai domain gratisan (co.nr, co.cc, .tk) kamu wajib waspada terhadap situs tersebut, kemungkinan besar situs tersebut adalah ‘scam’. Walaupun demikian, tampilan bagus dan domain .com bukan merupakan jaminan bahwa itu adalah situs yang sehat.

Kedua, kamu harus tahu orang/pihak yang menjalani bisnis di situs tersebut, dapat berupa kantor ataupun nomor yang dapat dihubungi. Jika perlu, survey ke kantor tersebut dan sekedar tanya-tanya pun dapat dilakukan, pertanyaan yang dapat diajukan dapat berupa testimoni, sistem kerja, ataupun bukti-bukti yang dapat membuktikan bahwa instansi tersebut nyata.

Satu lagi yang biasanya digunakan oleh situs penipu untuk membujuk orang adalah : membuai orang dengan khayalan dan impian yang tinggi. Pada kenyataannya, sangatlah tidak mungkin untuk mendapatkan uang yang sangat banyak dalam waktu yang singkat. Jika kita ingin bermain dengan bisnis di internet, logika kita harus dipergunakan dengan baik. Jangan pernah terbuai dengan hal-hal aneh yang menjanjikan hal yang tidak logis. Misalnya, dengan mentransfer uang ke sejumlah rekening maka uang kita akan berlipat ganda. Hal seperti itu sangat tidak mungkin.

Mungkin saya salah. Ada pendapat lain?

*hihi,, bahasanya baku. Masalah kayak gini cukup serius soalnya