South Park

gambar dari sini

I’m gonna to the south park and gonna have myself a time

Pretty faces everywhere, humble folks without temptation …

 

Kalau saya diminta untuk mengajukan satu film animasi yang ‘tersinting’, saya akan mengajukan nama South Park. Bagaimana tidak, kartun ini berani mengkritik bangsanya sendiri dengan cara-cara yang ekstrem. Mulai dari persoalan sederhana di sekolah, hingga artis ternama seperti Paris Hilton, Matt Damon, dll.

Hebatnya, serial kartun ini mendapatkan respon yang luar biasa, hingga mampu bertahan hingga 11 musim dan akan terus bertambah [i hope so :D]. Inilah kekuatan media yang sebenarnya, menurut saya. Dan bangsa yang dibenci oleh ‘banyak’ orang Indonesia, Amerika telah menggunakannya.

Sementara kita lihat di Indonesia tercinta, tayangan Republik BBM, Republik Mimpi, yang memberikan kritik berupa humor cerdas saja pada awal penayangannya mendapatkan kritik dari pejabat pemerintah. Namun, Republik mimpi masih bertahan hingga sekarang.

Tetapi, republik mimpi bukanlah kartun. Saya pikir, Benny dan Mice merupakan kartun yang dapat mewakilkan ‘southpark’-nya Indonesia, selain kritik disampaikan dengan cara yang pas dengan kultur indonesia, juga dapat menghibur,,

Maju terus Benny dan Mice!!!