A little knowledge is a dangerous thing. So is a lot.

Albert Einstein

Kadang-kadang kita perlu faktor eksternal untuk mendapatkan motivasi. Salah satunya adalah dengan mantra, kata ajaib, yang biasa juga disebut dengan incantation. Mulai dari saya, sebenarnya banyak kutipan hebat yang diucapkan oleh orang yang hebat pula. Namun, kutipan favorit saya tidak terlalu panjang dan sangat sederhana, yaitu :

“Lakukanlah apa yang kamu suka dan kamu anggap mudah. Saya memilih sepakbola karena itu hal yang mudah bagi saya.”

Zinedine Yazid Zidane, Pemain Terbaik Dunia versi FIFA tahun 1998,2001,2003.

 Sederhana bukan? Namun apabila ditafsir [duh kata apa yang lebih cocok ya?] kutipan tersebut mengandung makna yang tersirat.

Pertama, kita harus menemukan passion [… yang kamu suka dan kamu anggap mudah…], yakni hal yang menjadi hasrat kita untuk hidup. Zidane jelas menganggap sepakbola sebagai hal yang ia bisa lakukan, dan ia menekuninya. Jadi ingat juga sewaktu Pak Triharyo Susilo, Presdir PT. Rekayasa Industri, mengisi acara di pengenalan kampus. Ia bilang bahwa kunci nomor satu untuk sukses adalah cepat-cepat mencari passion kita.

Kedua, lakukan! Benar-benar sederhana dan tidak muluk-muluk. Kita tahu untuk menyelesaikan suatu misi, tentunya harus dilakukan proses untuk mencapai tujuan dari misi tersebut. Ketika kita telah menemukan passion, proses ini akan dapat kita nikmati.

Waduh, sepertinya tafsirannya hanya begitu saja, hehe namanya juga kutipan yang sederhana, singkat, serta  tidak bertele-tele… Semoga berguna.

Bagaimana dengan kutipan favorit anda?