Bill’s Thought

– Senyum yang berlebihan ataupun tatapan yang terlalu antusias yang terus menerus biasanya palsu. Senyum yang asli akan hilang setelah empat-sampai lima detik.
– Gerakan tubuh ataupun mimik muka yang tidak wajar juga [dalam hal ini misalnya orang yang menghantam meja, tetapi menunggu beberapa detik untuk membentuk ‘mimik’ marah]
– Ekspresi muka yang tidak simetris biasanya juga palsu

Nah, berdasarkan artikel “The Fine Art of Catching Liars”-nya pak Paul Ekman, diambil dari sini , itulah beberapa ciri ketika orang berbohong. Namun demikian, sangatlah sulit untuk mendeteksi si tukang boong’ dalam kehidupan yang nyata, karena hingga kini tidak ada alat yang dapat secara presisi menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak

 

Namun, ternyata ada beberapa cara untuk mendeteksi kebohongan, yakni yang paling populer adalah kerutan di antara dahi yang bertahan 1/25 detik [nah loh…]. Aplikasi kasus ini dapat kita temui pada kasus bill clinton, dalam sebuah kasus skandal dengan Monica Lewinski. Sewaktu Bill Clinton mengucapkan “I did not have sexual relations with that woman… Monica Lewinski.”.. Nah, pas dia mengucapkan “With that Woman”, pada dahinya muncul kerutan, sekejap. [ah, sayang saya enggak menemukan gambarnya]

 

Nah, di kelas bahasa inggris saya, kami langsung mencoba, apakah kami dapat menangkap seorang pembohong… Dari kelas dipilih dua orang. Saya, dan seorang rekan saya. Pengajar menanyakan apa yang saya lakukan hari minggu kemarin

 

jawaban asli saya : melakukan sejumlah riset

 

jawaban asli teman saya : tinggal di rumah

 

setiap siswa di kelas diberi kesempatan untuk mengajukan sejumlah pertanyaan pada saya dan teman saya. [dalam hal ini saya mendapatkan peran ‘si jujur’ dan teman saya menjadi orang yang jujur, pada siswa diberitahu bahwa dia pergi ke kebun binatang].

 

Saya seberusaha mungkin menunjukkan ciri-ciri pembohong, hahaha.

 

Pada akhir kelas, ternyata orang yang dapat menangkap si pembohong saja hanyalah sembilan orang dari enam belas orang. Dua orang diantaranya menjawab kami berdua berbohong [hah?!]. Tujuh orang lagi menganggap saya berbohong.

 

kalau dibuat menjadi persentase, berarti hanya 56,25 persen yang dapat menangkap pembohong. Konon katanya sistem interogasi dapat menangkap sekitar 80% pembohong, belum bagus. Liedetectors lebih gampang dibohonhi. Duh susah banget ya untuk menangkap tukang tipu…