Senang? Sedih ? Gembira ? Entahlah… Yang Pasti : Akhirnya saya bolos lagi!
Duh, jangan ditiru yah, baik bagi yang masih jadi pelajar maupun yang udah kerja…
Kenapa ya bolos?
Menurut pengalaman saya sendiri, ada beberapa alasan bolos:

1. Gak suka pelajaran, pengajar, atau situasi kelas

2. Bosen euy, bosen…

3. Gangguan alam [perut, ajakan teman]

Dulu, waktu SMA udah saya kuatkan niat, untuk gak bolos-bolosan lagi pas kuliah.. Nyatanya? Bolos lagi. Kayaknya saya kudu recode DNA ala Mas Rhenald Khasali..

Sebelnya, ternyata nyari tempat ‘tongkrongan tukang bolos’ susah deh.. Kalau waktu sekolah dulu sih tempatnya gak terlalu banyak. Sekarang? Ngajak temen mau bolos aja susahnya minta ampun. O iyah, jadi inget ceritanya Pak Budi Rahardjo..

Alkisah ada seorang dosen yang ‘gendeng’, tapi jenius. Suatu waktu ia mendapat tawaran untuk belajar di berbagai tempat, namun ia memilih brazil sebagai tempatnya mengajar. Kenapa? Karena ia ingin belajar kendang-kendangan dan musik brazil [gendeng banget kan].. Sampai akhirnya pada akhir tahun ia mengajar,
beliau mengatakan “Saya tidak pernah melihat pendidikan sebobrok ini dalam hidup saya sebelumnya!!!

“Namun, saya bangga ternyata ada juga mahasiswa yang mendapatkan nilai A pada pelajaran saya”

langsung tiba-tiba ada yang tunjuk tangan,

“Yang dapat nilai A itu saya Pak!!!”

“Wah, coba bagi-bagi rahasia, bagaimana cara kamu belajar”

Saya tidak pernah ikut kuliah Bapak!

Lha, jadi kuliah itu membantu atau merusak tidak??

*walau bagaimanapun saya terpaksa harus tetep masuk, soalnya ada peraturan 80% kehadiran, kalau enggak terpenuhi, gak bisa ikut ujian..