Setelah melalui penundaan yang berlarut-larut, akhirnya hari ini saya telah mempunyai SIM, ternyata prosedur membuat SIM sangatlah “aneh”. Saya hanya perlu duduk, menunggu dan menandatangani berkas-berkas. Nembak ya, istilahnya. Selama ada uang, prosedur dipermudah. Namun, apabila duit kita ngepas dan kita ingin mengikuti ujian resmi, lebih baik pikir lagi deh. Katanya sih, kalau kita ikut ujian, akan dipersulit [Teman saya aja dulu ikut tes resmi gak lulus-lulus, dan akhirnya nembak juga deh..].

Proses pertama, cukup datang ke kantor polisi, dan pasang tampang “belum punya SIM”, nanti ada petugas polisi yang menanyakan kita. Haha, lucunya petugasnya ada di daerah yang terdapat papan bertuliskan “Dimohon bagi para pemohon SIM tidak mendaftar melalui perantara/calo”. Nah, nanti kita ditanya mau membuat SIM apa, berapa harganya nanti diberi tahu. Selanjutnya kita memberikan KTP dan fotokopinya. Tinggal duduk deh, tapi OIYAH! Saya lupa bawa pulpen.. Akhirnya beli dulu deh di fotokopian.. Nah, buset juga nih di fotokopian, banyak yang nanya, “Mas, bikin SIM?”. Duh, saya bilang aja enggak.

Kembali ke tempat duduk tadi, wah ternyata mas petugas udah nunggu. Saya bilang saya baru aja beli pulpen. Wah, katanya gak usah repot-repot beli. Tau gitu gak usah beli… Selanjutnya, tanda tangan lagi. Setelah itu ada proses paling menarik, cap 10 jari. Tinggal melemaskan tangan, tiba-tiba udah ada cap 10 jari kita. Tapi ada juga yang bandel tangannya keras, dimarahi sama petugas, hehe…

Duduk lagi, haah.. Akhirnya dipanggil sama mbak petugas loket yang “ramah” untuk tanda tangan lagi. Wah, anehnya saya liat ada lembar ujian dengan nama saya dan jawaban yang tidak pernah saya tulis.. bisa gila .. Duduk lagi, baru difoto [ oh, ternyata sekarang fotonya udah berwarna, dan gak ada efek “muka kriminal”. Temen saya waktu masih jaman black n’ white mukanya jadi kaya buronan semua ]. Duduk lagi, nunggu.. Akhirnya dipanggil dan dapet deh SIM A !!! Proses ini memakan waktu sekitar 50 – 60 menit..

Entah bagaimana nasib saya kalau ikut tes resmi..
Ada komentar?