Ah, ini dia hal yang kadang-kadang, wuh bisa bikin kita kesulitan. Misalnya aja saya kenal orang yang takut nanya jalan ke polisi, takut ditanyain macem2, katanya!

Lha3, kita-kita ini kan sama-sama manusia, mempunyai suatu batas toleransi tertentu, beda halnya kalo yang kamu hadepin tuh macan.. Manusia punya hal yang disebut harga diri. Gimana caranya menaikkan percaya diri, nah saya punya tips-tips dari pengalaman saya sendiri, semoga berguna.

1. Kamu pasti punya kelebihan

Cari dulu dong kelebihan kamu, apakah kamu kaya, supel, ganteng, atau pintar, kalo gak ada ya.. sabar aja kali ye,.. Pasti kamu punya kelebihan. Jangan menunggu pengakuan dari orang lain, kamu harus yakin kamu pasti punya kelebihan dibandingkan dengan orang lain.

2. Lakukan hal-hal yang ngebuat kamu percaya diri

Hmm, misalnya nih, main bola. Kamu berhasil ngelewatin pemain yang jago, tentunya kamu bakal PD abiss, kalo perlu kamu balik lagi, terus lewatin lagi, biar kaya Tsubasa.. Kalau kamu berhasil dalam keadaan tertentu, pastinya kepercayaan diri kamu bakal bertambah. Enggak usah main bola, lakukan dari hal-hal sederhana, misalnya pandangan ke depan, ataupun busungkan dada, tapi jangan ekstrem2 banget, entar lu disangka jelmaan Pamela Anderson lagih..

3. Punya Pacar [ Optional ]

Kadang-kadang kamu bakalan punya kebanggaan tersendiri kalau kamu punya pacar, kan si dia bakalan support kamu, kata-kata positif akan semakin didengar. Itu menurut seorang teman saya yang mengambil jurusan Psikologi di PTN di Bandung, yah tapi ini hanya pilihan optional, belum terbukti secara mantap.

4. Mulai saat ini

Woi2, tips ini bukan untuk dibaca, tapi untuk dipraktekkan. Mulai saat ini, apa gunanya banyak pengetahuan tapi tidak diamalkan?

Ah, sekian tipsnya, moga2 berguna, menerima kritik, saran..